Saturday, January 3, 2009

practice makes perfect

gue punya barbie baru!
hahaha

gue beli di kidstation bandung, setelah melalui tahap ngambek gara-gara kaga dibolehin tadinya.

gue beli my scene yang nolee, yah lumayan lah setelah barbie-barbie gua yang terdahulu udah pada botak gara-gara gua mendapat ilham gua adalah the next ken paves. Jadilah rambut barbienya gua potong-potong sampai akhirnya mengalami kebotakan hahaha.
manalagi sekarang barbienya pada udah raib, audah kemana, kebawa banjir kali.

jadilah barbie gue yang sekarang ini gue eman-eman, gue sisirin, mencoba memangkas rambutnya lagi, gua sampoin pake herbal essences biar wangi dan tambah halus, gua mandiin, dan yang lainnya (udah sih sebenernya)


serasa model playboy dah

nah, pas gue beli tu barbie, bajunya cuma dapet 2 biji, sama celananya 1.
bosan amat bajunya ini-ini doang.


ini salah satunya

sebenernya sih gue mau beli bajunya yang dijualin itu tapi mahal, tapi gue urungkan niat gue. kemudian gue berfikir.....................................

kenapa gue ngga bikin bajunya sendiri aja??

sekalian latian jadi designer beneran, sapa tau bakat menjahit gua yang terpendam ini keluar dengan sendirinya

maka, jadilah, saya mencoba membuat baju barbie ini...

hari pertama
berbekal benang dan jarum jahit, bahan dari kain sepanduk warna item punya kelas gue yang masi nyisa dirumah, tanpa pengetahuan, tanpa pengalaman, tanpa panduan, hanya mengingat cara embak gua menjahit baju yang sobek, mulailah saya membikin...

step by step;
1.saya mengambil kain bahan yang sudah dipotong lalu saya lilitkan ke badan barbienya, mengira-ngira dimana yang harus saya jahit.
2. kemudian saya mulai menjahit, kain yang dililit itu saya pertemukan ujungnya dan saya jahit. sata sisakan sebagian untuk menaruh perekat biar bajunya bisa dibuka tutup
3. tidak selesai

hari selanjutnya

masih berbekal seperti kemaren, hanya saja kali ini saya sudah dikasih tau sama emak saya katanya kalo mau bikin baju mesti bikin pola dulu

oooh...

jadilah saya membuat desain bajunya terlebih dahulu, kemudian membuat polanya
pola depan dan pola belakang, pola belakangnya di potong jadi 2 lagi biar bisa naro perekatnya.
untung sama membuat bajunya tidak berlengan, jadi saya tidak perlu membuat pola tangan yang zzz

step by step;
1. ukur mengukur
  • bagian belakang: ukur bahu barbie dari kanan sampai kiri ( ya iyalah), ukur pinggang, ukur pinggul terbesar, kemudian ukur jarak dari bahu ke pinggang lalu ke pinggul. karena saya akan membuat dress yang panjang sepaha, maka saya tambahkan panjang dari pinggul sekitar 6cm. setelah itu gambar dibagi menjadi dua.
  • tentukan tempat untuk menaro bagian perekat, nantinya bagian yang akan ditaro perekat itu dilebihkan sekitar 1cm
  • bagian depan: sama seperti bagian belakang hanya saja ukurannya saya lebihkan kira-kira 0,5 cm. (ketika membuat pola, lebihkan sisi-sisinya kira-kira o,5cm untuk ruang yang dijahit)2. taro pola yang udah digambar dikertas ke bahan, terus jiplak garis-garis polanya (termasuk 0,5cm lebihannya)

3.mulailah memotong bahan yang sudah di beri pola.
jadi sekarang saya mempunya bagian depan, bagian belakang 1 dan bagian belakang 2

(*pas ngejait enaknya bahannya dibalik, jadi garis-garis polanya keliatan)

4. jahit pinggiran bahan yang disisain 0,5cm agar terlihat rapih (kecuali bagian samping badan karena untuk disambungkan dengan bahan yang lain)

5. mulai meyambung bagian depan dengan bagian belakang 1, jahit melalui pinggiran yang 0,5cm. setelah itu sambungkan bagian depan dengan bagian belakang 2, caranya seperti yang tadi. bagian belakang 1 dan 2 belom tersambung

6. nah sekarang mulai menyambung bagian belakang 1 dan 2, jahit mulai dari bawah karena atasnya akan diberi perekat. dijahitnya juga melalui pinggiran yang dilebihin. jahit sampai bagian yang mau dikasi perekat doang

7. setelah itu mulai memasang perekatnya, sebelom masang dikira-kira dulu enaknya jaraknya segimana hahaha

8. jahit perekatnya biar kenceng

9. selesai

10. baju sudah bisa dipakaikan ke barbie saya

bingung yak?? gue aja bingung pas gua baca lagi. saran dari gua mah pake imajinasi aja, pake insting hahaha

mau liat bajunya kaya apa jadinya? hehehehe



jaitannya tetep aje berarakan


serasa di redcarpet nih gua motonya

oh iye, ini bagian belakangnya



hahaha, masih sangat panjang perjalan saya agar bisa menjadi seorang designer sejati

No comments: